Monday, September 10, 2018

Menentukan Ide Pokok

Menentukan Ide Pokok

Ide pokok merupakan pokok pengembangan dari paragraf. Posisi ide pokok terletak "dalam" kalimat utama. Ide pokok bersinonim dengan gagasan pokok dan gagasan utama. Ide pokok bersifat tersirat, sehingga untuk menentukannya temukan terlebih dahulu kalimat utama dari paragraf. Simpulkan makna kalimat utama tersebut maka ide pokok dapat ditentukan dengan benar.

Perhatikan contoh berikut!

Sekolah kami rutin menggelar Gerakan Pungut Sampah (GPS) setiap Rabu. Kegiatan ini berlangsung selama 15 menit sebelum bel masuk sekolah. GPS menjadikan sekolah kami bersih dan membiasakan murid untuk senantiasa menjaga kebersihan.

Kalimat utama dari paragraf tersebut adalah " Sekolah kami rutin menggelar Gerakan Pungut Sampah (GPS) setiap Rabu." Ide pokoknya adalah Kegiatan rutin Gerakan Pungut Sampah


Latihan Pilihan Ganda

-- Teks Latihan Soal Nomor 1 --

Pilih jawaban yang tepat, lalu klik tombol periksa!

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. Skala yang umum dikenal untuk mengukur gempa adalah skala richter.

1. Ide pokok paragraf tersebut adalah . . .

2. Jika Ide pokok paragraf aneka lomba Hari Kemerdekaan di sekolah", maka kalimat utama yang tepat untuk ide pokok tersebut adalah . . .

-- Teks Latihan Soal Nomor 3 --

Indonesia merupakan negara kepulauan, karena 70% wilayah Indonesia adalah laut. Namun demikian, pengelolaan wilayah kelautan belum maksimal. Padahal laut memiliki sumber daya yang luar biasa bila dikelola dengan benar.

3. Ide pokok paragraf yang tepat untuk paragraf tersebut adalah . . .

Latihan Soal Uraian

Banyak truk antri di gerbang Selatan. Mobil-mobil kecil penuh sayuran tak kalah antri di gerbang Utara. Mobil dan motor konsumen pun tampak hilir mudik. Kesibukan sudah tampak sejak tengah malam. Pasar induk di dekat rumahku, seolah tak pernah tidur.

1. Tuliskan ide pokok dari paragraf tersebut!

Jagung, ubi, singkong, dan sagu merupakan contoh dari alternatif makanan pokok selain nasi.

2. Tuliskan ide pokok yang tepat dari kalimat utama tersebut

Selamat berlatih semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment