Friday, January 26, 2018

Aplikasi Penilaian Real Time “Plickers”

Kesempatan kali ini, admin akan berbagi pengalaman menggunakan applikasi penilaian real time “gratis” dari Plickers. Secara garis besar, aplikasi ini melakukan scanning kartu.  Kartu yang disediakan oleh pengembang applikasi berformat Pdf, tersedia dalam beberapa pilihan jenis dan ukuran kartu (disesuaikan dengan jumlah dan kondisi kelas)
Bila langkah demi langkah dalam aplikasi ini ditempuh dengan benar, rasanya tidak akan menemui kesulitan. Kendala terbesar yang dirasakan justru saat proses “scanning”.  Karena sifatnya “real time” artinya kita sangat bergantung pada kestabilan koneksi internet
Trik mengatur proses “scanning” juga harus dikembangkan, terutama bila jumlah murid di kelas kita lebih dari 20 anak. Misalkan dengan membagi proses “scanning” secara bergiliran dalam jumlah tertentu dibanding “scanning “ bersamaan.

Walaupun ada kendala, secara keseluruhan app ini sangat membantu apalagi tim pengembang aplikasi ini memberikannya secara gratis . Jika berkenan silakan unduh panduan singkat versi cepguru, untuk mengoperasikan Plickers pada tautan di akhir postingan.

Semoga bermanfaat.

Syarat yang dibutuhkan untuk aplikasi Plickers

  1. Koneksi internet
  2. Akun gmail aktif dan browser google
  3. Google sheet dan Microsoft excel
  4. Applikasi Plickers pada gawai/gadget (download via playstore)

Tautan Unduhan

Panduan singkat Plickers (pdf)

Lihat Pula

0 comments:

Post a Comment