Friday, February 24, 2017

Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita

Materi penjelasannya mirip  dengan menentukan watak tokoh cerita. Klik tautan tersebut.
Secara sederhana, tokoh utama adalah tokoh yang banyak muncul serta dominan dalam cerita atau menjadi topik utama.  Baik muncul secara langsung  dalam cerita atau pun dari percakapan tokoh lain.



Ayo, baca cerita berikut ini!


Pada suatu hari, di halaman rumah yang sangat luas berjajarlah tiga sangkar burung. Sangkar yang paling besar berisikan Sang Muray dengan keindahan ekornya dan bulu yang menawan. Sang Muray berkicau, sambil berkata,”Hai kawanku, dengarlah kicauanku yang merdu”. Muray berkicau dengan sangat merdu. “Ah, aku juga bisa”, jawab Sang Jalak yang berada pada sangkar sebelahnya sambil langsung berkicau dengan sangat kuat. “Jangan sombong dulu, dengarkan lagu dan liukanku”, timpal Sang Anis Merah yang langsung berkicau sangat merdu sambil meliukkan tubuhnya. “Ha…ha..ha..”, kita semua memang penyanyi yang sangat handal hampir bersamaan ketiga burung tersebut tertawa bangga.
Ketika mereka tengah berbangga, tiba-tiba hinggaplah Sang Pipit di taman dekat sangkar mereka. “Hei kawan”, seru Anis. “Lihatlah burung jelek itu”. Seraya menunjuk pada Sang Pipit. “Sudah kecil, hitam, jelek lagi”. Ketiga burung tersebut tertawa berderai mengejek Sang Pipit. “Kasihan….kasihan…. kasihan… tambah mereka, “Mau makan harus mencari sendiri, minum juga sama, tidak seperti kami. Makan dan minum selalu tersedia setiap pagi”, Ejek mereka lagi. 
Sang Pipit sama sekali tidak tergangu mendengar hinaan burung – burung itu. Ia tidak memperdulikan ejekan burung –burung tersebut. Ia asyik mematuki makanan yang berserakan di tanah. Lalu ia terbang mendekati ketiga sangkar. Dengan suara datar Pipit berkata,”Aku akui kalian memang burung kicau yang hebat”. Namun, sehebat apapun kalian tidak sebanding dengan apa yang aku miliki, yaitu ini.” Sang Pipit langsung terbang ke langit bebas bersama kawan-kawannya meninggalkan ketiga ekor burung yang hanya diam termangu dalam sangkar mereka masing-masing.


Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah Burung Pipit.
Sifat tokoh utama pada cerita tersebut yang benar adalah . . . 
A. rendah diri
B. tinggi hati
C. kepala dingin
D. sempit hati


0 comments:

Post a Comment