Friday, February 24, 2017

Menentukan tema cerita

Tema cerita merupakan pokok pikiran dari keseluruhan cerita.
Tema biasanya mewakili nilai-nilai moral dari kehidupan manusia.



Perhatikan kutipan cerita berikut ini!

Saat bel istirahat berbunyi, aku hanya terdiam. Hari ini, aku tak bisa jajan layaknya teman-temanku. Jualan ibu kemarin tidak banyak laku. Tidak tega rasanya, tadi pagi meminta uang dari ibu. Karena aku tahu, uang hasil berdagang ibu bukan untukku saja, tapi untuk semua keluarga. Ibu, Aku, dan dua adikku.”Ya, sudahlah aku nikmati saja istirahat ini dengan bercengkrama dengan teman di depan sekolah”, gumanku dalam hati.

Di warung depang sekolah, seorang bapak tampak membeli sesuatu. Tanpa ia sadari, dompetnya terjatuh. Sejenak aku tergoda untuk mengambil dompet milik si bapak, toh dia tak akan tahu dan aku bisa jajan seperti temanku. Tak berpikir lama segera kuambil dompet tersebut, dan berlari sekencangnya mengejar bapak itu. Dia  kaget dan sangat berterimakasih padaku. Ada perasaan tenang dan senang dalam hati, tak tergantikan dengan beberapa lembar uang yang bapak tersebut berikan sebagai tanda terima kasih.

Tema cerita tersebut adalah . . .
A. kepedulian sesama
B. tolong menolong
C. keserakahan
D. kejujuran

1 comment:

  1. D. kejujuran, jika A salah karena dikatakan peduli jika saling membantu menyelesaikan masalah. B salah karena tolong menolong lebih mengarah ke gotong royong. C tentu salah. Jadi jawabannya D. Kejujuran

    ReplyDelete